Cek Game MMORPG Terbaik yang Bisa Dimainkan di PC ! 

Popularitas “Lost Ark” baru-baru ini sekali lagi membuktikan bahwa kecintaan para gamer terhadap genre MMORPG belum padam. Hingga tulisan ini dibuat, game ini tetap menjadi game yang paling banyak dimainkan di Steam, jauh di atas CS:GO dan Dota 2. Data yang direkam oleh SteamDB bahkan menunjukkan bahwa Lost Ark dimainkan oleh lebih dari 1,3 juta orang secara bersamaan. Seperti RPG biasa, MMORPG disukai karena bisa menjadi bentuk pelarian yang cukup efektif. Selain Lost Ark, masih banyak MMORPG lain yang populer di kalangan gamer PC. Dalam artikel ini, Situs Slot777 telah menyusun daftar MMORPG pilihan yang siap menghabiskan banyak waktu Anda.

Perlu dicatat bahwa daftar ini hanya mencakup MMORPG yang telah resmi dirilis, bukan MMORPG yang masih dalam versi beta, alpha atau bahkan sama sekali tidak jelas seperti MMORPG League of Legends. Yang lain mungkin juga terlihat agak tua, tetapi layak untuk ditonton karena mereka masih menerima pembaruan rutin dengan konten baru dan masih memiliki basis pemain yang relatif besar.

MMORPG — Lost Ark 

Ada banyak faktor yang berkontribusi pada ketenaran The Lost Ark. Hal utama adalah bahwa gameplay dan sistem pertarungannya spektakuler. Jika Anda menyukai franchise Diablo dan Torchlight, kemungkinan besar Anda akan menyukai The Lost Ark, apalagi mengingat game ini gratis untuk dimainkan (free to play). Pertarungan di Lost Ark bisa tampak menantang dan membutuhkan eksekusi strategi yang tepat, terutama selama banyak pertarungan bos. Bosan menghancurkan monster? Lost Ark juga menawarkan mekanisme PvP seru yang sama, baik hidup sesukamu maupun bersaing (berperingkat). Eksplorasi juga menjadi sorotan lain dari Lost Ark, serta sistem perumahan yang cukup detail.

Faktor lain yang sama pentingnya, menurut saya, adalah “kematangan” Lost Ark. Seperti yang kita semua tahu, game ini sebenarnya sudah ada sejak 2019, yang berarti pengembang telah menambahkan konten baru dan menyempurnakan setiap aspek game beberapa kali. Alhasil, game yang rilis baru-baru ini di Amerika dan Eropa langsung menggiurkan banyak pemain, sangat kontras dengan nasib game yang akan saya bahas selanjutnya, New World.

MMORPG — New World 

Dirilis tahun lalu, game besutan Amazon itu menjadi game terpopuler No 1 di Steam untuk sementara waktu. Dibandingkan dengan kebanyakan MMORPG Barat lainnya, New World secara luas dipuji karena keramahannya terhadap pemain baru. Pertarungan dalam game ini terbilang sederhana, namun pada saat yang sama tetap memberikan pengalaman yang tak terlupakan, terutama dalam pertarungan antar pemain (yaitu PvP). Grafik dalam game ini juga patut diacungi jempol. 

Selama petualangan Anda, Anda akan sering terpesona oleh keindahan alam yang dihadirkan dunia baru. Sayangnya, semua ini tidak disertai dengan konten endgame yang kaya. Akibatnya, jumlah pemain Dunia Baru yang aktif turun dengan cepat. Teman-teman yang tertarik dengan “New World” mungkin bisa menunggu event Steam Sale selanjutnya untuk mendapatkan diskon.

MMORPG — Final Fantasy XIV 

Meski sudah hampir sembilan tahun, Final Fantasy XIV masih aktif menerima konten baru. Baru-baru ini, game tersebut meluncurkan ekspansi baru yang disebut Endwalker pada Desember 2021. Segera setelah ekspansi, FFXIV melihat peningkatan besar dalam jumlah pemain aktif dan memecahkan rekor baru di Steam. FFXIV menawarkan banyak konten, jadi tidak mengherankan jika pemain harus membayar biaya berlangganan untuk menikmati semuanya. 

Namun secara khusus, FFXIV juga menyediakan mode uji coba gratis yang cukup kaya konten. Pemain baru bahkan dapat mencapai level 60 tanpa membayar apa pun terlebih dahulu. Sebagai bagian dari seri Final Fantasy, FFXIV juga menyukai aspek narasi yang over-the-top. Ekspansi baru juga mengakhiri alur cerita utama yang dimulai saat game diluncurkan pada 2013.

MMORPG — Black Desert 

Jauh sebelum The Lost Ark, judul paling populer untuk MMORPG Korea diduduki oleh Black Desert. Seperti Lost Ark, gim ini dipuji karena aspek pertarungannya yang luar biasa, baik di PvE maupun PvP. Mencoba lebih dari 20 kelas yang tersedia, masing-masing dengan gaya bertarung dan keahlian yang unik, adalah salah satu daya tarik utama dari game ini. Pertarungan di Black Desert terasa sangat mulus dibandingkan dengan banyak MMORPG lainnya. 

Semua ini menjadi semakin sempurna berkat grafis dan visual yang memukau. Seperti New World, Black Desert adalah salah satu dari sedikit MMORPG dengan kualitas grafis yang menyaingi game AAA. Sejak dirilis pada tahun 2015, Black Desert telah menarik lebih dari 40 juta pemain dan menghasilkan pendapatan $1,7 miliar (per September 2020).