Fakta Mengapa Jam Tangan Rolex Sangat Istimewa

Mungkin Untuk sebagian orang yang menganggap jika memiliki sebuah jam tangan Rolex adalah sebuah pencapaian dan tanda juga merupakan sebuah tanda dari kesuksesan yang dimiliki oleh seseorang. Rolex yang memang menjadi sebuah perusahan dan brand jam tangan yang sudah sangat terkenal sebagai jam tangan mewah, mahal dan memikat para pecinta jam tangan. Uniknya banyak sekali mereka yang tidak begitu paham tentang arti sebuah jam tangan namun ketika mereka mempunyai sebuah budget yang cukup, sebagai orang yang akan membeli sebuah jam tangan Rolex. Ya tentu saja sebagai sebuah bentuk atas pencapaian dan juga sebuah tanda kesuksesan seseorang.

Tapi dibalik itu semua, Ketika Hans Wildorf yang telah mendirikan Rolex yaitu pada tahun 1905, ia memiliki sebuah tujuan untuk memproduksi jam tangan paling handal. Untuk mencapai misinya tersebut, ia membaginya menjadi tiga elemen yaitu presisi pengukuran waktu yang optimal, ketahan terhadap sejumlah elemen seperti air dan juga debu dan tahan pada tekanan dari luar dan meminimalkan keausan jam tersebut.

Fakta Mengapa Jam Tangan Rolex Sangat Istimewa

Ketiga yang kemudian telah membawa Rolex menjadi salah satu merek jam yang menawarkan jam dengan fungsi instrumen pendukung bagi para pekerja profesional. Seperti seri Submarine yang memiliki daya tahan luar biasa akan air, jam tangan ini cocok bagi penyelam. Lalu Explore dengan desain dial yang nantinya akan mudah untuk dibaca dan sistem perputaran untuk waktu 24 jam. Kemudian ada GMT-Master II yang mampu mencatat waktu yang berada di tiga zona waktu berbeda, semua seri jam tangan ini hadir dengan fitur khsusu yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing di setiap bidan profesionalnya. Berikut ini kami akan membahas beberapa fakta menarik kenapa jam tangan ini memiliki harga yang fantastis.

Rolex Punya sejarah yang Panjang

Rolex, produsen arloji Swiss yang berkantor pusat yaitu di Jenewa, Didirikan oleh Hans Wilsdorf sejak tahun 1905. Bukan yang tertua di dunia, namun jam tangan Rolex ini adalah jam tangan yang pertama. Meskipun bukan yang tertua namun jam tangan Rolex punya sejarah dan identitas khusus soal produk yang telah diciptakan. Rolex adalah sebuah merek yang mempelopori pengembangan dari jam tangan dan merupakan sebuah awal dari banyaknya inovasi pembuatan jam tangan pada generasi-generasi berikutnya hingga sekarang.

Desain Simple dan Konsisten

Semua orang penggemar jam tangan khususnya pasti sudah tahu model desain jam tangan Rolex memang terkesan biasa saja dan tidak berubah. Namun, justru hal tersebut yang menjadi sebuah ciri khas konsistensi dan identitas jam tersebut dari zaman dulu hingga sampai sekarang. Desainnya bahkan banyak sekali dicontoh oleh jenis-jenis homage atau beberapa local brand. Ini menandakan bahwa pada umumnya orang suka dengan sebuah model desain seperti itu.

Selalu dibuat Inhouse oleh Rolex Sendiri

Banyak dari jenis jam tangan yang mungkin dikeluarkan oleh perusahan . Dan part per part nya dibuat secara outsource untuk menghemat budget dan juga penggunaan alat. Tidak begitu dengan perusahan Rolex. Dari dulu hingga kini, setiap inci dan setiap part yang ada semuanya dibuat oleh pabrik Rolex langsung yang berada di Jenewa Swiss. Ini juga yang menjadi sebuah nilai plus dari jam Rolex.

Mendapatkan Swiss Certified of Chronometric Precision

Tentunya di balik ketenaran dari merek Rolex. Jam ini juga sudah mendapatkan banyak penghargaan. Pada tahun 1910, untuk pertama kalinya jam tangan ini mendapatkan sertifikat yang pada saat itu belum pernah ada yang mendapatkan satupun penghargaan tersebut. Ini juga yang menjadikan jam tangan Rolex sebagai sebuah pioner dari perusahan jam tangan dengan mengusung precision.

Jam Tangan Pertama Sebagai Jam Tangan Tahan Air

Untuk tipe jam tangan Oyster, yang pertama kali yang bisa tahan di dalam air. Yang sekarang menjadi sebuah acuan ATM dengan kedalaman beberapa meter hingga muncul tipe diving yang digunakan khusus untuk menyelam.

Yang Pertama dengan Movement Rotor

Jam tangan Rolex ini juga adalah jam tangan pertama yang menggunakan sebuah mekanisme pemutar sendiri rotor abadi yang ditemukan yaitu pada tahun 1931. Rolex adalah merek jam tangan yang juga telah mendaftarkan di lebih dari 400 paten selama perjalanan sejarah jam ini.

Jam Tangan Pertama Yang Menggunakan Fitur Tanggal

Jika sekarang ini banyak sekali jam tangan analog yang bermunculan dengan fitur tanggal. Maka pertama kali fitur tersebut dikeluarkan dan ditemukan oleh Rolex. Model yang menggunakan fitur tersebut pertama kali diciptakan pada tahun 1945, kemudian menjadi sebuah hak paten yang terkenal pada tipe Rolex Datejust yang artinya date (tanggal).

Jam Tangan Pertama Sampai Puncak Everest

Seperti yang sebelumnya dijelaskan, bahwa jam tangan ini akan disesuaikan untuk kegunaan si pemakai pada setiap tipenya. Hal ini juga yang menjadi salah satu keunggulan dari jam tangan Rolex ketinggian Gunung Everest yang sudah terkenal mendunia, dan jika semakin tinggi menaikinya akan semakin besar pula tekanannya. Namun jam tangan Rolex ini adalah merek dari jam tangan yang pertama kali dapat bertahan ketika dibawa sampai ke puncak yaitu pada tahun 1953. Untuk tipe yang digunakan pada saat itu dengan model Oyster Perpetual.

Jam Tangan Pertama Tahan Kedalaman 100 Meter

Kisah ini terjadi pada tahun 1953, pada saat itu Rolex mengeluarkan tipe diving yang pertama kalinya yaitu Rolex Submariner. Tipe ini mampu dibawa menyelam hingga kedalaman 100 meter di bawah laut. Sekarang sudah banyak model jam yang keluar dengan teknologi serupa, yang bisa digunakan untuk menyelam sampai 100 meter.
Sehingga tipe Rolex Submariner adalah tipe jam tangan diving yang paling disegani bahkan hingga kini. Jam tangan tipe ini dikhususkan untuk seorang penyelam, namun ternyata banyak yang suka dengan modelnya meskipun bukan seorang penyelam.

Jam Pertama yang Mengeluarkan Two Time Zone

Rolex lagi-lagi menjadi pelopor untuk teknologi jam. Yaitu jenis Rolex GMT Master, adalah jam tangan yang pertama kali yang ditujukan untuk penerbang atau seorang pilot. Dimana mereka yang biasanya sering berpindah-pindah lokasi jadi jam tangan tersebut mempunyai fitur Two Time Zone.

Jam Tangan Yang Mengeluarkan Fitur Day Date

Mungkin kini sudah tidak asing jam tangan dengan menggunakan fitur tersebut. Kini sudah banyak yang mengikuti modelnya dengan memberikan sebuah fitur 7 hari Sunday-Saturday yang pertama kali dikenalkan oleh jenis Rolex Day Date. Jadi tipe Rolex Daydate ini adalah nama paten dari jenis jam tangan pertama dengan sebuah inovasi yang menempatkan fitur hari di dalamnya.

Demikian itulah beberapa alasan kenapa jam tangan Rolex menjadi jam tangan dengan merek paling mahal di dunia. Segudang prestasi dan keistimewaan yang dimiliki oleh jam tangan Rolex ini, menjadikannya sebagai merek jam tangan yang paling disukai oleh para pecinta jam di seluruh dunia.