Jam Tangan Termahal yang Memiliki Kisah di Baliknya

Jam tangan selain digunakan untuk keperluan melihat waktu, akhir-akhir ini jam tangan sudah mulai berubah fungsinya sebagai sebuah media moles penampilan yang dimana memiliki fungsi sebagai memamerkan kesuksesan. Pada saat ini jam tangan dijual dengan harga yang standar sehingga yang luar bisa sangat mahal. Bicara tentang jam tangan yang mahal tentu saja telinga kita tidak akan asing dengan nama nama yang ternama seperti merek Rolex, Patek Philippe, Audemars Piguet, Ulysse Nardin, atau IWC. Memang selain kualitas, merek merek itu juga menjual eksklusivitas produknya.

Sebut saja Patek Philippe. Baru-baru ini perusahaan jam asal Jenewa, Swiss itu baru saja melepas produk papan atasnya “Grandmaster Chime” dengan harga fantastis. Jam tangan itu terjual dengan harga 31 Juta Swiss Franc atau senilai Rp 495 miliar rupiah. Selain dialami Patek, rekor-rekor jam termahal juga pernah dialami dunia beberapa tahun belakangan. Kira-kira apa saja jam-jam termahal di dunia? Berikut ini jam tangan yang mahal-mahal bisa membuat siapa saja merasa tercengang.

Jam Marie Antolnette yang Hilang

Jam tangan ini merupakan jam besutan ahli horologi Paris Abraham-Louis Breguet. Pada masanya Breguet dianggap sebagai bapak arloji modern yang menghasilkan jam-jam berkualitas tinggi dan tercanggih di masanya bagi para bangsawan, salah satunya yang ditujukan untuk Ratu Prancis Marie Antoinette.

Jam yang diberi nama Breguet No.160 membutuhkan 823 komponen arloji dan waktu 30 tahun untuk diproduksi. Hal ini berarti bahwa jam itu tidak selesai sampai setelah eksekusi Marie Antoinette kematian Breguet sendiri. Pembuatannya diteruskan oleh putranya. Setelah selesai jam itu dialihkan kepada Sir David Solomon. Pada tahun 1983 jam tersebut hilang bersamaan dengan ratusan jam koleksi Sir David Solomon. Belakangan terungkap bahwa jam itu dicuri oleh pencuri Israel Naaman Diller.Setelah kematian Diller pada tahun 2004, jandanya berusaha untuk menjual barang-barang tersebut dan disitulah momen jam tangan itu kembali. Saat ini Jam Marie Antoinette yang tidak pernah ia kenakan itu telah dipajang kembali di museum. Pada tahun 2013, Harganya ditaksir mencapai US$ 30 juta atau sekitar Rp 426 miliar.

Petek Philippe Henry Graves Jr Supercomplication

Selain Grandmaster Chime, Patek Philippe memiliki satu lagi jam yang luar biasa mahal. Dibuat untuk bankir ternama New York Henry Graves Jr, jam ini menampilkan 24 “kerumitan” dan dianggap sebagai arloji paling rumit yang pernah dibuat sampai Patek Philippe menciptakan Kaliber 89 untuk ulang tahunnya yang ke 150 pada tahun 1989.

Namun faktanya tetap, jam kantong ini masih merupakan jam paling rumit yang dibuat tanpa bantuan komputer dan menampilkan repeater menit dengan lonceng Westminster, chronograph stopwatch yang dapat merekam dua peristiwa bersamaan, kalender abadi, fase bulan, indikasi untuk matahari terbit dan terbenam, dan bagan langit langit malam Kota New York, di antara banyak lainnya. Semua itu digambar, dihitung, diproduksi dan dirakit dengan tangan. Selain itu juga terdapat emas 18 karat di jam ini. Pada tahun 2014 jam yang dibuat pada tahun 1932 ini terjual dengan harga US$ 24 juta atau sekitar Rp 341 miliar.

Rolex Cosmograph Daytona Paul Newman

Jam tangan ini merupakan jam eksklusif milik aktor Hollywood Paul Newman. Jam tangan itu diberikan oleh istrinya Joanne Woodward kepada aktor yang gemar dunia otomotif itu. Stopwatch chronograph 1960-an ini tidak dibuat dari logam mulia, hanya baja tua biasa. Ia juga tidak menyimpan komplikasi yang hebat. Sementara itu fungsi stopwatch-nya didasarkan pada mekanisme yang sama yang ditemukan di puluhan ribu jam tangan dari periode tersebut.

Lalu penutup belakangnya terukir dengan kasar dan tidak sesuai tata bahasa: “Drive Carefully Me.” Namun jam itu dilengkapi dengan pewarnaan dial yang “eksotis” dan tombol tekan berbentuk jamur yang sangat langka pada masa itu. Dua hal ini menjadikan jam besutan Rolex itu eksklusif dan unik. Pada tahun 2017 jam tangan ini terjual dengan harga US$ 17,8 Juta atau sekitar Rp 253 miliar.

George Daniels Space Traveller I

Jam besutan George Daniels ini mungkin hanya menempati posisi ke-16 dalam daftar jam termahal yang pernah dijual di lelang, namun kecantikan yang berubah secara klasik ini masih dipuja karena pembuatan jam tangan solo virtuoso yang masuk ke dalamnya.

Yang membuat jam ini spesial adalah “Metode Daniels” yang dibutuhkan dalam pembuatannya. Metode yang dibuat dengan penguasaan selama bertahun-tahun ini membuatnya mampu untuk merakit setiap komponen dari logam mentah tanpa otomatisasi apapun. Jam ini terjual dengan harga US$ 4,6 juta atau sekitar Rp 65 miliar pada tahun 2019.

Richard Mille RM 62-01 Airbus Corporate Jets

Jam tangan besutan Richard Mille ini merupakan salah satu jam tangan yang bisa kalian dapatkan sekarang ini. Jam ini dijual dengan harga US$ 1,3 juta atau sekitar Rp 18 miliar rupiah. Yang membuat jam tangan ini begitu mahal adalah casing komposit karbon-titaniumnya yang berbentuk jendela kapal. Hal ini dibuat atas kerjasama langsung dengan Airbus. Selain itu jam ini memiliki pengaturan getar yang terjadi berkat bobot kecil dalam emas padat yang berputar pada waktu yang ditentukan alarm pada 5.400 putaran per menit. Layaknya jam mahal lainnya, jam ini juga memiliki sangkar berputar “tourbillon” yang menentang efek gravitasi pada keseimbangan pegas halus. Bahan ini terbuat dari titanium dan carbon super ringan yang sangat kuat.

Girard-Perregaux Quasar Light Tourbillon

Jam tangan mewah dari Swiss ini merupakan bagian dari edisi terbatas model khas Quasar. Model ‘Light’ adalah satu dari 18 model di seluruh dunia. Meski terdengar tidak terlalu istimewa, jam tangan Girard-Perregaux berhasil memperoleh harga pounds 300.000 atau sekitar Rp5,6 miliar, fantastis bukan?

Rupanya label harga tersebut diperoleh berkat mesin jam tourbillon yang terdiri dari 79 bagian berbeda. Butuh lebih dari 200 jam kerja, ratusan operasi dan teknik diasah selama 200 tahun.

Ulysse Nardin Hannibal Minute Repeater Tourbillon

Tampaknya pembuat jam ini memiliki apresiasi terhadap budaya Romawi karena motifnya merujuk ke Perang Hannibal. Namun, ukiran bukanlah satu-satunya hal yang membuat jam tangan ini begitu mewah dan mahal. 

Setiap komponen dikerjakan dengan tangan, mulai dari pelat utama hingga penutup atas. Jam tangan ini juga menawarkan ‘Westminster Minute Repeater’. Dengan pembuatan yang rumit dan desain yang megah, jam tangan ini dilabeli dengan harga pounds 571.000 atau sekitar Rp 10.7 miliar.

Chopard L.U.C All-in-One ‘Janus Watch’

Chopard dikenal sebagai salah satu hidrologis jam tangan hebat. Model L.U.C All-in-One sendiri menggabungkan eksklusivitas dengan mitos terkenal. Hanya ada 10 jam tangan di setiap edisi (rose gold dan platinum).

Terinspirasi oleh dewa Romawi Janus, jam tangan ini memiliki dua tombol dan juga fitur-fitur yang mencakup kalender abadi, bacaan astronomi, dan tourbillon. Harganya mencapai pounds 374.000 atau sekitar Rp 7 miliar.