Jam Tangan Tertua yang Harga Jualnya Termahal

Meski awalnya berfungsi hanya sebagai penunjuk waktu. Jam tangan pria adalah salah satu pelengkap wajib tampilan fashion sehari-hari dan untuk berbagai aktivitas. Namun, jam tangan tak hanya sekadar aksesoris, tapi perannya mampu menaikkan kualitas penampilan kalian sebagai pria yang gentle dan elegan. Untuk itu, jangan sembarangan dalam memilih merk jam tangan.

Ketika bicara soal brand jam tangan paling tua di dunia hampir pasti erat hubungannya dengan nilai dan history tangkasnet online. Mereka yang paham dengan jam tangan mewah khususnya Swiss Made akan sangat paham nilai mahal dari sejarah pembuatan jam tangan  tersebut, sehingga jam tersebut sangat prestisius bagi pecinta jam tangan. Berikut ini ada beberapa jam tangan tertua yang bernilai tinggi yang ada di dunia.

Breguet 

Abraham-Louis Breguet mendirikan bengkel jam tangan dari tahun 1775.  Satu-satunya Brand yang dipakai Napoleon dan Marie Antoni. Breguet juga jam tangan pertama kali yang menerapkan mesin tourbillon anti gravitasi. Konon melahirkan produk jam tangan mewah dengan harga US$ 4,5 juta atau berkisar Rp 62 miliar dengan nama Breguet Antique Number 2667. Sulit membayangkan bagaimana karakteristik jam tangan dengan model vintage ini namun dengan desain klasik berlapis material 18 karat, sudah pasti menawarkan pesona berbeda bagi siapapun milyarder yang mengenakannya.

Apakah Breguet Antique Number 2667 satu-satunya jam tangan mewah paling mahal dari Breguet? Tentu saja bukan karena masih ada Breguet Marie-Antoinette Grande Complication Pocket Watch dengan harga US$ 30 juta atau sekitar Rp 413 miliar sekaligus menjadi salah satu jam tangan termahal di dunia. Koleksi jam tertua dari Breguet yang satu ini konon membutuhkan waktu yang sangat lama dalam pembuatannya. Hasilnya tentu saja sebuah jam tangan pocket yang classic dan bernilai seni sangat tinggi. Selain Breguet masih banyak produsen jam tangan mewah paling tua di dunia lainnya. Berikut ini daftarnya. Breguet di Indonesia mungkin masih tergolong jam tangan langka, kalian bisa menemukan di The Time Place dari Time International

Vacheron Constantin

Brand jam tangan ini memiliki reputasi yang sangat baik. Menjadi salah satu merk jam tangan tertua di dunia karena sudah melahirkan produk-produk berkualitas sejak tahun 1755 silam.

buy > vacherons, Up to 75% OFF

Adalah Jean Marc Vacheron seorang watchmaker yang paling berpengaruh sekaligus sosok pendiri dari sederet jam tangan mewah Vacheron Constantin. Karena karya-karyanya ia sangat dicintai oleh tokoh-tokoh besar dunia seperti Ratu Elizabeth II, Napoleon Bonaparte hingga Paus Pius XI.

IWC Schaffhausen

Didirikan tahun 1868 IWC Schaffhausen banyak melahirkan jam tangan termahal dan tercanggih di dunia. Meskipun berbasis di Swiss namun konon brand ini dibuat oleh watchmaker Amerika Serikat bernama Florentine Ariosto Jones.

Tidak hanya populer sebagai produsen jam tangan mewah namun IWC Schaffhausen juga terkenal dengan produk berkualitas tinggi khusus untuk pilot. Bahkan sejak tahun 2000-an brand ini menjadi pelopor produk ramah lingkungan khususnya pada industri jam tangan. IWC’s Pilot Watch yang diluncurkan tahun 1936 menjadi produk paling bersejarah di masanya. Produk yang menggunakan material stainless steel ini sudah dibekali fitur water resistant serta dial dengan sistem proteksi dari tarikan magnet.

Breitling 

Didirikan oleh Leon Breitling tahun 1951 lalu, Breitling bisa dikatakan salah satu brand jam tangan mewah paling tua di dunia. Pada saat itu Leon Breitling adalah watchmaker termuda sebab mampu menciptakan produk jam tangan mewah saat masih berusia 24 tahun.

Di tahun yang sama Bretling melansir produk jam tangan berjenis Navitimer. Sebuah produk yang akhirnya digandrungi oleh para pilot AU Amerika Serikat. Selain Navitimer, tipe Colt, Breitling Super Avenger II, dan Transocean Chronograph 1915 merupakan produk ikonik Breitling yang paling banyak diburu oleh kolektor jam tangan dunia.

Rolex 

Berbasis di Geneva Swiss, Rolex merupakan merk jam tangan mewah yang bahkan kiprahnya semakin menonjol hingga tahun 2019 ini. Sukses dengan kejayaan jam tangan yang identik dengan nilai seni tinggi, brand yang didirikan oleh Hans Wilsdorf dan Alfred Davis tahun 1905 ini cukup intens meluncurkan produk jam tangan mewah untuk pria dan wanita.

Akan memakan waktu sangat lama untuk membahas produk berkelas dari Rolex namun ada beberapa yang paling digemari pecinta jam tangan mewah yaitu: Rolex Yacht-Master, Rolex Oyster Perpetual, Rolex Date Just, Rolex Day Date, Rolex Submariner And Rolex Daytona. Khusus nama terakhir pernah menjadi salah satu jam tangan termahal di dunia. Breguet, Vacheron Constantin, Audemars Piguet, IWC Schaffhausen, Breitling, dan Rolex adalah brand jam tangan mewah paling tua di dunia. kalian tertarik mengoleksi salah satu atau beberapa diantaranya?

Patek Philippe

Patek Philippe adalah salah satu pembuat jam tertua di dunia yang masih beroperasi hingga hari ini. Merek ini memiliki reputasi sebagai pembuat jam tangan yang luar biasa cantik, kompleks, dan mewah. Jenis jam tangan Patek Philippe yang terkenal di antaranya mulai dari kelas entry-level, seperti Nautilus, Aquanaut, dan Calatrava, yang harganya mulai dari 20.000 dollar AS (sekitar Rp 28,8 juta) hingga yang harganya selangit. Salah satu jam tangan pabrikan Patek Philippe, yakni Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 mencetak rekor harga jam tangan paling tinggi yang dijual dalam lelang. Harganya mencapai 31 juta dollar AS (sekitar Rp 447 miliar). Sebagai gambaran, dengan uang tersebut kalian bisa membeli 2.000 jam tangan Rolex Submariner dan bahkan masih memiliki uang sisa untuk membeli satu supercar McLaren P1. Bila hal ini membuat heran, kabar selanjutnya akan membuat kalian melongo. Pasalnya, jam tangan itu ternyata bukanlah Patek Philippe termahal saat ini. Belum lama ini, seri Patek Philippe lain baru saja terdaftar di pasar arloji Chrono24 dengan harga yang mengejutkan, yakni mencapai 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 721 miliar. Jam tangan yang dimaksud adalah Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001. Jam tangan ini hanya ada tujuh buah di dunia dan merupakan salah satu jam tangan paling “menakjubkan” yang pernah dibuat.

Patek Philippe Grandmaster Chime 5175R-001 dirilis pada 2014 dalam rangka ulang tahun ke-175 merek tersebut. Jam tangan ini memiliki dua dial, 20 komplikasi, casing putar, dan empat chiming mechanism yang berbeda. Hal itu menjadikannya jam tangan chime paling rumit yang pernah dibuat. Harga baru jam tersebut pada 2014 ditetapkan sebesar 2,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 38,9 miliar. Namun, angka tersebut tidak mencerminkan nilai sebenarnya. Sebab, apa pun yang unik dan terbatas selalu akan meroket harganya di kemudian hari. Rasanya, kecil kemungkinan kita akan melihat sesuatu yang semahal atau selangka ini lagi untuk dijual dalam waktu dekat. Sebab, pemegang rekor saat ini adalah Grandmaster Chime Patek Philippe, maka ada kemungkinan merek jam tangan ini atau bahkan seri ini akan ikut mendulang banyak uang.